InfoSurabaya.Web.Id

Semuanya Tentang Surabaya

Cari Artikel

Jembatan Merah Plaza

Jembatan Merah Plaza berlokasi di tempat bersejarah perjuangan arek Suroboyo ketika melawan penjajah Belanda. Kawasan ini menjadi daerah perniagaan yang mulai berkembang sebagai akibat dari Perjanjian Paku Buwono II dari Mataram dengan VOC pada 11 Nopember 1743 yang isinya menyatakan bahwa sebagian daerah pantai utara, termasuk Surabaya, diserahkan penguasaannya kepada VOC. Sejak saat itulah Surabaya berada sepenuhnya dalam kekuasaan Belanda.

Itu adalah sejarah singkat kawasan ini dan sampai detik ini menjadi kawasan niaga dan perkantoran yang di kenal di Surabaya. Lokasi perdagangan di sekitar Jembatan Merah ini menjadi tempat perkulakan bagi orang dari Indonesia bagian Timur.

Nah di tempat ini pula berdiri sebuah Mall / Plaza yang di kenal dengan nama Jembatan Merah Plaza, kalo anda kesini nama terlalu panjang ini biasa di singkat dengan JMP.

Jika Anda tengah mengunjungi Kota Surabaya, rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi wisata sejarah Jembatan Merah. Di atas sungai yang mengalir, akan terasa sebuah sensasi bahwa disini, di jembatan ini, pertumpahand arah melawan sekutu telah terjadi. Awalnya Jembatan Merah ini bangunan fisiknya terbuat dari kayu. Namun pada sekitar tahun 1980-an, Pemerintah Kota Surabaya mengubah konstruksi pagar pembatasnya dari kayu menjadi besi. Agar tidak kehilangan ciri khasnya, jembatan ini secara keseluruhan dicat warna merah. Secara fisik, bentuknya memang tidak berbeda dengan jembatan-jembatan lain, warna merah itulah yang menjadi pembeda.

Bila anda masuk ke JMP ini mungkin anda tidak setuju dengan mimin kalo ini mall.. yes anda benar ini adalah mall yang membingungkan, karena isinya barang grosir ha ha ha .. but tidak sepenuhnya pusat grosir, bagian gedung salah satunya menyerupai mall dan nyaman untuk di kunjungi .

Barang di sini tergolong murah bila anda membeli secara grosir, grosir disini hitungannya bervariasi ya , per 3 biji, per lusin dsb . So kalo ingin cari barang murah grosiran boleh deh kalian mampir kesini.

Kebanyakan pengunjung disini kalangan menengah dan menengah kebawah. Plaza ini lebih di fokuskan sebagai tempat belanja grosir Garment (Dari Kain sampai Pakaian Jadi) kebanyakan pedagangnya orang lama yang membuka cabang (Pedagang dari Pasar Kapasan Surabaya, Pedagang dari Kembang Jepun Surabaya).

 

Meskipun fokus pada barang Garment tetapi konsepnya tetap sama seperti Plaza-Plaza lainnya yang di dalamnya terdapat Counter makanan siap saji (Mc Donalds, KFC, dll), RAMAYANA, ROBINSON, Counter Jam Tangan (Arloji), Counter Pakaian (Benhill, D&S, dll), Pujasera (tempat makan dari yang lama sampai baru), tempat bermain anak-anak. Selain itu, perhiasan dan perlengkapan rumah tangga seperti gorden, kain-kain, alat-alat dapur dan sebagainya semuanya Andabisa temukan di JMP yang dikelola oleh PT. Jasa Mitra.

 

Berbagai pameran pun sering diadakan disini (lantai 1) dll. Dengan parkir yang luas, untuk memudahkan para pengunjung, apalagi jika akhir pekan tiba plaza yang berlantaikan 4 ini akan ramai.

 

Lokasi :

Jalan Rajawali – Kembang Jepun Surabaya

Jam Buka : 10.00 – 19.00 WIB

 

InfoSurabaya.Web.Id © 2015 Frontier Theme
Close