Bagaimana Cara Cek Dana PIP Yang Sudah Cair Terbaru – Info Surabaya Info Surabaya


Cara Cek Dana PIP Yang Sudah Cair – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang cara cek dana PIP yang sudah cair.

Artikel ini juga akan memberikan uraian langkah – lagkah serta penjelasan tentang cara  untuk mengecek dana Program Indonesia Pintar atau PIP yang sudah cair disertai dengan jadwalnya secara lengkap dapat anda lihat pada artikel kami kali ini.

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia salah satu upaya pemerintah adalah dengan cara memberikan dana bantuan kepada setiap satuan pendidikan di berbagai jenjang.

Baca juga: Pengertian PIP (Program Indonesia Pintar)

Penerima dana bantuan dari program pemerintah biasanya ditujukan kepada peserta didik yang memiliki keluarga dengan tingkat ekonomi yang kurang mampu. Selain itu juga biasanya ditujukkan untuk peserta didik yang sudah tidak memiliki orang ayah (yatim) atau tidak memiliki ibu (piatu), atauh bahkan yatim piatu.

Salah satu program dari pemerintah tersebut adalah Program Indonesia Pintar. Apa itu Program Indonesia Pintar? Mari simak penjelasan berikut.

Program Indonesia Pintar

Dana bantuan PIP atau yang memiliki kepanjangan Program ndonesia Pintar merupakan salah satu program pemerintah yang diberikan kepada kepada para peserta didik di suatu satuan pendidikan, yang mana memiliki sasaran utama untuk peserta didik yang memiliki keluarga dengan latar belakang ekonomi yang rendah atau kurang mampu.

Baca juga: sipintar-pip/”>Cara Login Dan Cek Nama Penerima Bantuan PIP

Program Indonesia Pintar ini juga merupakan salah bentuk bantuan dana sebagai bentuk bantuan siswa Miskin (BSM). Besaran bantuan dana yang diterima untuk peserta didik dari Program Indonesia Pintar ini adalah sebagai berikut:

  • SD/ MI mendapatkan Rp 450.000,-/ tahun
  • Peserta didik Tingkat SMP/ MTs/ Paket B mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 750.000,-/tahun
  • Peserta didik Tingkat SMA/ MA/ SMK/ Paket C mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 1000.000,-/tahun

Tentunya pemerintah mengharapkan dengan adanya Program Indonesia Pintar ini bisa mengatasi permasalahan – permasalahan bagi peserta didik yang ingin sekali menempuh pendidikan namun terkendala biaya dan akhirnya putus sekolah.

Pembiayaan atau pemberian dana bantuan PIP ini dapat dilakukan sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan pendidikan peserta didik baik itu berupa perlengkapan sekolah, uang saku, biaya transportasi, hingga pembiayaan untuk melakukan uji kompetensi.

Bagi para peserta didik yang namanya termasuk dalam list nama yang menerima dana bantuan Program Indonesia Pintar maka para peserta didik bisa melakukan pencairan terhadap dana bantuan PIP yang didapat.

Bagaimana cara untuk mengecek dana PIP yang sudah cair? Kalian bisa mengeceknya dana Program Indonesia Pintar yang sudah cair dengan sangat mudah tanpa perlu bantuan orang lain.

Baca juga: Cara Cek Virtual Account pip smp SMA SMK

Cara Cek Dana PIP yang Sudah Cair

Kami akan memberikan cara untuk mengecek apakah dana bantuan PIP sudah cair atau belum dengan cara mudah.

Cara ini dapat dilakukan oleh bapak dan ibu guru atau para operator sekolah yang ingin membantu mengecek dana bantuan peserta didik dari PIP sudah cair atau belum.

Baca juga: Cara Cek Virtual Account pip sd

Ada 2 cara untuk mengecek dana PIP yang sudah cair, yang pertama pengcekkan secara individu dan yang kedua pengecekkan secara bersamaan (banyak siswa)

(1) Cara Mengetahui PIP yang Sudah Cair Secara Individu atau Perorangan

Berikut kami berikan cara untuk mengecek dana PIP yang sudah cair melalui website resmi PIP Kemdikbud dengan uraian langkah – langkah berikut ini:

Silahkan kalian buka atau akses laman resmi dari PIP Kemdikbud dengan menggunkan laptop / PC / Smartphone bapak / ibu guru.

Pilih salah satu browser atau perambahan seperti halnya google chrome untuk membantu mengakses laman tersebut. Akses laman PIP Kemdikbud dengan menuliskan URL link berikut ini : https://pip.kemdikbud.go.id/home

Apabila sudah berhasil mengakses laman resmi PIP Kemdikbud silahkan gulir atau scroll layar tampilan pada laptop / PC kalian, hingga sampai pada tampilan pencarian penerima dana bantuan Program Indonesia Pintar seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya adalah tahap pengisian data. Silahkan isi data dengan benar, data tersebut berupa Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN, tanggal lahir dari peserta didik, dan nama ibu kandung dari peserta didik.

Apabila peserta didik yang dimaksud atau yang sedang dicari informasi namanya terdapat pada list penerima dana bantuan PIP, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini pada layar laptop / PC kalian masing – masing.

Baca juga: Cara Login PIP SD, SMP, SMA Dan SMK

(2) Cara Mengetahui PIP yang Sudah Cair Langsung Banyak Siswa

Untuk mengetahui dana bantuan PIP yang sudah cair langsung banyak data siswa silahkan perhatikan langkah – langkah berikut ini:

Silahkan kalian buka atau akses laman resmi dari PIP Kemdikbud dengan menggunkan laptop / PC / Smartphone bapak / ibu guru. Ubah terlebih dahulu role login menjadi login sebagai sekolah dilanjut dengan melakukan login menggunakan akun yang telah dimiliki.

Login bisa dilakukan dengan menggunakan NPSN ataupun menggunakan SSO Dapodik sesuaikan dengan username dan password yang sesuai. Akses laman PIP Kemdikbud dengan menuliskan URL link berikut ini : https://pip.kemdikbud.go.id/session perhatikan gambar di bawah ini.

Jika sudah berhasil masuk atau login, maka kalian akan dibawa ke laman dashboard siPintar. Pada bagian laman ini terdapat menu di sebalah kiri, silahkan klik menu yang bertuliskan KIP Digital  lalu pilih dan klik menu Data Siswa.

Maka kalian akan mendaptakan data dari peserta didik pada satuan pendidikan yang amanya masuk dalam data atau list peserta didik yang menerima dan bantuan Program Indonesia Pintar. Tampilan layar kalian akan menjadi seperti gambar di bawah ini.

  • Memastikan Dana PIP Sudah Cair

Untuk memastikan apakah dan bantuan PIP sudah cair atau belum, maka silahkan cek di buku tabungan para peserta didik. Hal ini dikarenakan dana bantuan Program Indonesia Pintar akan langsung dicairkan melalui rekening dari masing – masing peserta didik.

Baca juga: No Registrasi Akta Kelahiran Di Dapodik

Persiapan Pencairan Dana PIP SMP, SMA, SMK

Bagi nama – nama peserta didik yang sudah terdaftar ke dalam list nama – nama peserta didik yang mendapatkan dana bantuan Program Indonesia Pintar, maka dana bantuan sudah dapat dicairkan. Dalam proses pencairan dana bantuan Program Indonesia Pintar ini memiliki syarat – syarat tertentu.

Berikut kami tuliskan syarat – syarat yang harus disiapkan ketika pencairan dana bantuan Program Indonesia Pintar antara lain sebagai berikut:

  1. Harus memiliki Surat Keterangan dari Kepala Sekolah
  2. Foto copy raport pada bagian biodata
  3. Foto copy KTP bagi pengambil ( bapak atau ibu)
  4. Persiapkan foto copy kartu KIP, KIS, KSS, dan PKH (jika ada)
  5. Setelah itu Login di Program Indonesia Pintar.

Tentunya banyak dari kalian yang sudah lancar dan memahami cara untuk mengecek dana Program Indonesia Pintar atau PIP yang sudah cair. Namun bagi kalian  yang masih merasa bingung, kami harap penjelasan yang telah kami sampaikan bisa membantu.

Baca juga: Analisa Usaha Daur Ulang Plastik Dan Botol Kaca

Demikian rangkaian informasi tentang cara untuk cek dana bantuan Program Indonesia Pintar atau PIP disertai dengan disertai langkah – langkahnya.

Semoga artikel kami kali ini bisa mempermudah kalian dalam memahaminya.

Advertisement

Scroll to Continue With Content