Belanda Perkuat Kerja Sama dengan Jatim Lewat King’s Day Receptions | Info Surabaya


Untuk memperingati ulang tahun Willem Alexander Raja Belanda, Kedutaan Besar Belanda menggelar acara King’s Day Receptions di Surabaya, pada Senin (8/5/2023) malam.

Lambert Grijns Duta Besar Belanda untuk Indonesia menyatakan, acara tersebut merupakan salah satu event tahunan yang diperingati oleh warga Belanda di berbagai tempat di dunia.

“Ini dilakukan perayaannya di Surabaya, kenapa di Surabaya? karena Surabaya adalah profil dari Jawa Timur, ini sangat penting, kemudian kota kedua terbesar di Indonesia, dan kota yang ada di dalam provinsi yang penting bagi Indonesia, pusat pemerintahan, hingga bisnis,” ucapnya seusai seremoni peringatan.

Lambert Grijns Duta Besar Belanda untuk Indonesia saat memberikan sambutan dalam acara King’s Day Receptions yang diadakan di Surabaya, pada Senin (8/5/2023) malam. Foto: Risky Admin InfoSurabaya

Selain itu, menurutnya Surabaya juga menjadi tempat yang memiliki tempat pendidikan yang bagus di Jawa Timur, seperti perguruan tinggi.

“Dari tempat pendidikan dapat memberikan perubahan, pelajar dapat melakukan penelitian, dapat membuat topik tentang hidup sehat, tentang sains, muncul dokter-dokter, kemudian juga adanya budaya yang kuat,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, bahwa dengan adanya pendidikan tersebut, kedua negara antara Indonesia dan Belanda dapat sama-sama belajar dan bertukar pengetahuan.

“Kita ingin dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan kerja sama yang baik, mulai dari tentang transfer pengetahuan hingga persoalan lingkungan, seperti recycle plastic, kemudian menggunakan kembali plastik, memperbarui sistem jadi daur ulang, ini contoh dari ini yang kita ambil di waktu selanjutnya,” ucapnya.

Foto bersama seusai peringatan King’s Day Receptions yang diadakan di Surabaya, pada Senin (8/5/2023) malam. Foto: Risky Admin InfoSurabaya

Sementara itu, Lily Jessica Tjokrosetio perwakilan kerajaan Belanda di Jatim menyatakan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat memperkuat hubungan antara Jatim dan Belanda.

“Apalagi sudah lepas pandemi, semoga banyak hubungan ini dapat kembali dan menjadi berkali-kali lipat,” pungkasnya.(ris/iss/ipg)