BMKG Prakirakan Hujan Deras Berpotensi Turun di Sebagian Wilayah Jatim Info Surabaya

[ad_1]

InterServer Web Hosting and VPS

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan deras disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jatim hari ini, Rabu (19/4/2023).

Pada siang hingga sore hari, BMKG Juanda mengeluarkan peringatan dini mewaspadai potensi cuaca tersebut di wilayah Kab. Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Nganjuk, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang dan Situbondo.

Kemudian malam hari di wilayah Jombang dan Banyuwangi. Selanjutnya pada Kamis (20/4/2023) dini hari di wilayah Surabaya dan Sidoarjo.

Secara umum cuaca hari ini diprakirakan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Suhu udara hari ini berada di kisaran 15 – 33 °C, kelembapan udara 65 – 100 persen dan angin dominan dari barat daya – selatan dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Sementara untuk prakiraan kondisi cuaca maritim, waspadai ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0,1-0,3 m, Laut Jawa bagian Timur antara 0,5-1,8 m dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 1.0-3.5 m.

BMKG Maritim juga memperingatkan masyarakat untuk mengantisipasi tinggi gelombang lebih dari 2,5 m di Samudra Hindia selatan Jatim.

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan dapat terjadi di sebagian besar wilayah perairan Jawa Timur hari ini.

Arah angin didominasi dari Timur – Tenggara, kec. angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 13 knots (24 km/jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 20 knots (37 km/jam).(dfn)



[ad_2]