Bulog Surabaya Utara Akui Sudah Pecat Buruh Harian yang Viral Mandi Beras di Gudang | Info Surabaya



Kantor Cabang Bulog Surabaya Utara merespons video viral di X yang memperlihatkan laki-laki sedang berguling-guling di tumpukan beras sambil telanjang dada.

Unggahan akun @Pai_C1, terlihat pria bertopi, telanjang dada, hanya memakai celana pendek, justru guling-guling di atas tumpukan beras. Ia juga tertawa saat diguyur beras dari atas oleh rekannya yang lain.

“Mandi air (tanda silang), mandi beras Bulog (tanda centang),” tulis caption menyertai postingan, Senin (25/12/2023) yang sudah diretweet ratusan kali dan tiga ribuan penyuka.

Sugeng Hardono Kepala Kantor Bulog Cabang Surabaya Utara membenarkan pria bernama Isam itu buruh harian lepas dan sudah dipecat.

Rekaman video itu, lanjutnya, terjadi di Gudang Bulog Banjar Kemantren 2 Surabaya.

“Yang melakukan kejadian itu namanya Isam, buruh lepas. Bahwa yang bersangkutan itu adalah buruh harian lepas, dan saat ini kita sudah tindaklanjuti bahwa buruh tersebut sudah tidak kerja lagi di sini,” ucap Sugeng saat dikonfirmasi media, Selasa (26/12/2023) malam.

Sugeng menjelaskan, aksi Isam itu terjadi Selasa (19/12/2023) pekan lalu, saat pekerja sedang memproses pengarungan lagi beras sobek karena proses handling beras impor dari kapal sampai ke gudang.

“Beras itu adalah beras kempos atau beras hasil handling, beras kemasan sobek dari kapal, yang sebenarnya itu akan diproses rice to rice,” ucapnya.

Artinya, beras itu akan diolah lagi untuk standarisasi kualitas maupun kuantitas, dan jadi stok Bulog.

“Kami kan punya fasilitas rice to rice, jadi beras-beras yang enggak sesuai standar kualitasnya kuantitasnya, baik itu rusak basah dan sebagainya kami akan proses, belum sampai r to r itu, ada kejadian itu,“ ujarnya.

Akibat kejadian itu, selain memecat Isam, Kantor Cabang Bulog Surabaya Utara pun melakukan evaluasi dan mendisiplinkan pekerjanya agar kejadian serupa tak terulang.(lta/ris/faz)