Dispendukcapil Buka Layanan Aktivasi KTP Digital di Galaxy Mall Surabaya | Info Surabaya


Dispendukcapil Kota Surabaya membuka layanan aktivasi KTP digital atau Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Galaxy Mall Surabaya untuk hari ini, Sabtu (6/5/2023) dan Minggu (7/5/2023) besok.

Agus Imam Sonhaji Kadispendukcapil Surabaya menjelaskan, layanan aktivasi tersebut berada di lantai dasar Galaxy Mall 3 tepatnya di depan gerai Max Fashion, mulai dari pagi pukul 10:00 WIB hingga 21:00 WIB.

“Ini kami bermisi baik untuk orang Surabaya atau teman-teman dari kota lain yang kebetulan ada di Galaxy Mall (Surabaya) monggo kita bisa layani,” imbuh Agus, saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Sabtu (6/5/2023).

Syarat yang harus dipenuhi ketika melakukan aktivasi KTP digital, yakni wajib membawa NIK, mengisi alamat email, dan juga nomor telepon, ujar Agus.

“Tentunya dimulai dengan men-download aplikasi identitas kependudukan digital, untuk di playstore sudah tersedia. Kalau IOS, dari update Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) insyaAllah akan segera terbit juga di akhir bulan. Jadi sekarang yang masih tersedia dan dilayani yang (ponsel) Android,” tuturnya.

Agus juga menambahkan untuk aktivasi IKD, KTP fisik tidak perlu dibawa jika sudah menghafal NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Pengumuman pelayanan aktivasi KTP digital di Galaxy Mall Surabaya. Foto: @galaxymallsby

Layanan aktivasi IKD ini, Agus melanjutkan, merupakan salah satu upaya mempercepat perpindahan dari penggunaan KTP fisik menjadi digital.

“Dari Kemendagri, KTP elektronik fisik pada akhir tahun 2023, itu akan dialihkan semua menjadi digital,” kata Agus.

Upaya percepatan ini juga telah dilakukan Dispendukcapil Surabaya dengan menyediakan layanan aktivasi di berbagai balai RW di Surabaya.

“Dua Minggu lalu kita sudah mulai meskipun tidak serentak. Sehari itu sekitar 25 balai RW kita datangi, supaya nanti target di akhir tahun semakin banyak,” tandasnya.

Selain itu, Agus juga menyampaikan bagi masyarakat yang ingin mencetak ulang KTP fisik karena kehilangan atau membuat baru, masih tersedia. Tetapi, ia menyarankan untuk sekaligus melakukan aktivasi IKD sekaligus.(abd/ipg)