Dokter Liang Kaspe Minta Bantuan Temukan Sejumlah Anjingnya yang Kabur Saat Kebakaran | Info Surabaya



Dokter Hewan (drh.) Liang Kaspe mantan Direktur Operasional dan Umum Kebun Binantang Surabaya (KBS) memastikan kondisi dirinya secara psikis baik-baik saja, usai mengalami luka bakar di bagian tengkuk leher, imbas kebakaran yang terjadi di rumahnya, Jumat (1/12/2023) malam. Namun beberapa anjingnya kabur.

“Saya ada luka bakar di daerah tengkuk (leher), yang lain saya tidak merasa apa-apa, normal-normal saja. Ini lukanya sudah ditangani, sudah dibersihkan, sudah dibalut,” cerita Liang waktu dikonfirmasi Radio Suara Surabaya saat yang bersangkutan masih dirawat di RSUD dr. Soetomo Surabaya, Sabtu (2/12/2023).

Meski demikian, Liang berpesan dan meminta tolong kepada seluruh warga Surabaya untuk membantu menemukan anjing peliharaannya yang kabur saat rumahnya terbakar.

Dia mengatakan, dari keterangan petugas kepadanya, dari total 15 hewan peliharaannya, tiga ditemukan mati, enam berhasil diselamatkan, dan sisanya kabur lari keluar dari pagar rumah saat kebakaran terjadi.

“(Saya ingin) evakuasi anjing-anjing saya, dan mungkin teman-teman pendengar (Suara Surabaya–red), kawan-kawan itu ada yang melihat, tolong memberitahu. Nanti saya berikan (nomor) telepon anak buah saya, supaya mereka kumpulkan di rumah yang lain (rumah saudara). Minta tolong ya,” ujar Liang.

Liang merinci seluruh anjingnya itu berjenis smooth fox terrier dan semuanya merupakan miliknya pribadi. Selain itu, dia juga berharap rumahnya yang saat ini sedang di pasang police line oleh kepolisian, bisa dibuka sejenak agar para pegawainya bisa mengambil kelengkapan untuk anabulnya tersebut.

“Bukan rawat, itu (hewan peliharaan) semua milik pribadi saya. Minta diizinkan (Polsek Tegalsari) untuk anak buah saya masuk evakuasi (anabul), mereka kasian belum makan juga pastinya,” pintanya waktu mengudara.

Diberitakan sebelumnya, kediaman drh. Liang Kaspe di Jalan Musi No.19, Kecamatan Tegalsari Surabaya, mengalami kebakaran pada, Jumat (1/12/2023) malam kemarin. Kebakaran rumah seluas 15×50 meter persegi pada sekitar pukul 22.30 WIB itu, diduga dipicu korsleting listrik.

Akibat kebakaran tersebut, drh. Liang sendiri dikabarkan mengalami luka bakar sehingga harus dirujuk ke RSUD dr. Soetomo Surabaya.

Total ada sebanyak 12 unit mobil pemadam yang dikerahkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Surabaya untuk pemadaman tersebut. Api pokok berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.56 WIB dengan pembasahan selesai dan dinyatakan kondusif pukul 23.47  WIB.

Untuk bangunan satu lantai dan yang terbakar hanya di ruang tengah, sedangkan untuk bagian kanan kiri aman. Total luas yang terbakar sekitar 10×15 meter persegi.

Sementara untuk kawan Suara Surabaya yang menemukan anjing peliharaan smooth fox terrier di sekitaran Kecamatan Tegasari Surabaya, bisa membantu dengan menghubungi Supadi selaku karyawan drh. Liang di nomor 085707522178. (bil/ipg)