Dokter Tegaskan Oralit Bukan untuk Mencegah Dehidrasi Waktu Berpuasa – Suara Surabaya | Info Surabaya

[ad_1]

InterServer Web Hosting and VPS

Dokter Ari Fahrial Syam dokter spesialis penyakit dalam mengatakan, Oralit tidak diperuntukkan mencegah dehidrasi selama berpuasa di bulan Ramadan.

“Jadi, kalau kita mengalami dehidrasi, maka kita mengonsumsi oralit, tapi bukan untuk mencegah,” ujarnya melansir Antara, Minggu (26/3/2023).

Pernyataan itu disampaikan Ari merespons kicauan warganet yang mengatakan minum oralit setiap sahur saat Ramadan ampuh membantu tubuh agar tidak haus dan lemas selama berpuasa.

Profesor Ari yang berpraktik di beberapa rumah sakit swasta di Jakarta memastikan informasi tersebut tidak benar.

“Yang harus diperhatikan Oralit itu mengandung garam dan gula. Jadi, pada orang-orang tertentu, yang misalnya punya masalah diabetes, gulanya bisa naik,” katanya.

Dia menambahkan, Oralit juga mengandung bahan baku campuran garam. “Kalau dia mempunyai hipertensi, maka tekanan darahnya bisa tinggi,” imbuhnya.

Narasi yang menyatakan Oralit bisa mencegah dehidrasi, kata Ari, merupakan informasi yang keliru.

“Oralit itu tujuannya untuk dehidrasi, jadi orang yang dehidrasi minum Oralit agar dehidrasi tidak tambah parah,” tegasnya.

Indikasi Oralit diperuntukkan bagi masalah diare yang ditandai dengan buang air besar yang encer lebih sering terjadi dari biasanya. Diare biasanya disebabkan virus atau makanan yang terkontaminasi.

“Jadi, harus diperhatikan atau ada orang-orang yang memang karena diare, jelas itu ada suatu yang keluar, maka kita imbangi dengan minum Oralit. Itu yang harus diperhatikan,” timpalnya.

Sebelumnya, salah satu narasi terkait Oralit mencegah dehidrasi diposting pemilik akun Twitter @sdenta.

“Tip puasa saya, sahur cukup segelas oralit dan segelas air putih. Batalin puasa juga cukup segelas oralit dan segelas air putih, lanjut hidrasi secukupnya sampai sebelum tidur. Makan besar sekali, sebelum Isya, banyakin serat. Hindari buffet ayce, sisanya fokus ibadah,” katanya.(ant/dfn/rid)



[ad_2]