Fraksi PDIP Surabaya Perjuangkan Disabilitas Dapat Kuota Pekerjaan Khusus | Info Surabaya



Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPRD Surabaya memperjuangkan penyandang disabilitas, mendapatkan kuota pekerjaan khusus dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional setiap tanggal 3 Desember.

“Selain kuota pekerjaan, penting juga persiapan sumber daya manusia (SDM) dari kalangan disabilitas. Hal ini melibatkan pelatihan dan peningkatan keterampilan agar mereka siap mengisi posisi yang tersedia,” kata Abdul Ghoni Muklas Ni’am Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Surabaya, Minggu (3/12/2023) dilansir Antara.

Menurutnya, apa yang diperjuangkan tersebut sesuai dengan visi dan misi Ganjar Pranowo-Mahfud MD selaku Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden.

“Kami melihat Pak Ganjar berkomunikasi dengan sangat baik di semua elemen masyarakat, dan berupaya agar para disabilitas memiliki hak yang sama seperti orang normal lainnya,” katanya.

Ia percaya figur Ganjar yang memimpin Jawa Tengah selama 10 tahun betul-betul tidak pilih kasih. “Kepedulian Pak Ganjar terhadap disabilitas itu langsung betul-betul nyata, mempekerjakan, melatih, dan lebih penting tidak ada jarak,” kata Ghoni.

Ghoni menerangkan, Calon Presiden dari PDI Perjuangan ini memaparkan gagasan pentingnya memberikan kuota khusus dalam pemerintahan, dan perusahaan untuk mendukung inklusi sosial dan ekonomi bagi kaum disabilitas.

Lebih lanjut anggota Komisi C DPRD Surabaya ini mengatakan, ketika menjabat Gubernur Jateng, Ganjar terus mendukung pemberdayaan penyandang disabilitas di Jateng dengan memberikan pendampingan dan berbagai pelatihan keterampilan hingga wirausaha.

Bahkan Capres Ganjar mengungkapkan rencananya untuk memberikan peluang lebih besar kepada teman-teman disabilitas di Indonesia dalam dunia kerja.

Menurutnya, Ganjar juga telah melakukan terobosan luar biasa dengan menyiapkan SMA dan SMK Negeri di Jateng menjadi sekolah inklusi, dimana anak-anak berkebutuhan khusus bisa belajar di sekolah umum.

Selain itu, kata Ghoni, meningkatkan kualitas Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri di Jateng. Serta banyak lagi kebijakan Ganjar yang berpihak pada kaum disabilitas.

Oleh karen itu, pada Hari Difabel ini Ghoni mengapresiasi para difabel yang memiliki kemampuan melukis diatas rata-rata manusia normal.

“Di antaranya lukisan yang dibuat oleh para disabilitas tidak kalah bagusnya dengan kemampuan orang normal lainnya,” ujarnya.

Sebagai informasi, KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni pasangan nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pasangan nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sedangkan masa kampanye ditetapkan mulai, Selasa 28 November 2023 hingga tanggal 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (ant/bil/faz)