Gagalkan Penalti di Injury Time, Persebaya Raih Poin Penuh Atas Arema | Info Surabaya


Persebaya Surabaya berhasil menundukkan Arema FC dengan skor tipis 1-0 dalam laga lanjutan Liga 1 yang digelar di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta, pada Selasa (11/4/2023) malam.

Satu-satunya gol Persebaya dilesakkan oleh Muhammad Iqbal pada menit ke-79 melalui sundulan setelah berhasil memanfaatkan umpan yang dikirim oleh Ahmad Nufiandani.

Dalam pertandingan tunda tersebut, Arema mendapat kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan melalui titik putih penalti, yakni pada menit tambahan waktu di penghujung laga.

Rizky Dwi yang dipercaya menjadi algojo, eksekusinya mampu dibaca dengan tepat oleh Ernando Ari Sutaryadi. Penampilan gemilang kiper utama Persebaya itu juga sekaligus memastikan kemenangan untuk skuad Bajul Ijo setelah wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Aji Santoso Pelatih Persebaya menyatakan, dirinya senang dengan kinerja anak asuhnya yang mampu memenangkan pertandingan yang digelar di Jakarta tersebut.

“Malam ini saya sangat bahagia sekali, Persebaya mendapatkan poin tiga yang kedua, ini momen yang sangat penting sekali,” ucapnya dalam post match press conference, pada Selasa (11/4/2023) malam.

Meskipun di menit-menit akhir Catur Pamungkas melakukan pelanggaran dan berujung penalti, tapi ia tetap mengapresiasi anak asuhnya tersebut.

“Tadi saya sudah bicara kepada Catur, yang dilakukan Catur ini memang berisiko tinggi, tetapi kalau tidak di-block pemain itu sama Catur, bolanya mengarah ke gawang juga masuk, kali ini menurut saya alhamdulillah tidak terjadi gol. Apa yang dilakukan Catur itu menurut saya benar dan itu kan tahu kalau tidak di-block Catur masuk tadi,” jelasnya.

Ia juga bersyukur Ernando dapat menepis tendangan penalti Arema sekaligus menjadi penentu kemenangan Persebaya dalam derby super Jatim tersebut.

“Ernando malam tadi save-nya sangat luar biasa, mudah-mudahan ini ke depan pertandingan terakhir juga positif,” harapnya.

Dengan kemenangan itu, saat ini Persebaya merangkak naik dua tingkat atau berada di posisi ketujuh sementara Liga 1 dengan raihan total 49 poin dari 33 pertandingan.

Setelah melawan Arema FC, Persebaya akan menjalani laga terakhir di kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 dengan melawan Dewa United pada Sabtu (15/4/2023) mendatang.(ris/dfn/rst)