Hujan Diprakirakan Guyur Sejumlah Kota Besar di Hari Kedua Lebaran | Info Surabaya


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah kota besar di Indonesia berpeluang hujan di hari kedua Lebaran 2023.

Dilansir Antara dari keterangan BMKG di Jakarta, Minggu (23/4/2023) pagi, hujan berintensitas ringan diprakirakan terjadi di Pulau Sumatra, antara lain Kota Banda Aceh, Kota Medan, Kota Pekanbaru, Kota Tanjungpinang, dan Pangkalpinang.

Cuaca serupa juga diprakirakan terjadi di Kota Padang dan Kota Jambi. Sedangkan Kota Palembang hujan dengan intensitas sedang.

BMKG mengimbau masyarakat di Kota Bengkulu untuk mewaspadai hujan disertai petir. Lalu, Kota Bandar Lampung berpeluang cerah berawan dengan suhu udara berkisar antara 22 hingga 33 derajat Celsius.

Kota besar di Pulau Jawa secara umum berpotensi hujan dengan intensitas ringan, yakni di Kota Serang, Kota Jakarta Pusat, Kota Semarang, dan Surabaya. Sementara Kota Bandung dan Yogyakarta berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Prakiraan cuaca di Kepulauan Bali dan Nusa Tenggara secara umum berawan, di antaranya di Kota Denpasar dan Mataram. Sedangkan potensi hujan ringan diperkirakan terjadi di Kota Kupang.

Untuk kota besar di Pulau Kalimantan secara umum berpeluang berawan di Kota Tanjung Selor dan Samarinda, sedangkan hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Pontianak dan Palangka Raya. Waspada potensi hujan disertai petir di Kota Banjarmasin.

Selanjutnya, untuk kota besar di Pulau Sulawesi umumnya berawan, seperti di Kota Mamuju, Kota Makassar, dan Kota Kendari, dengan suhu udara berkisar 24 hingga 33 derajat Celcius.

Hujan ringan berpotensi terjadi di Kota Palu, Kota Gorontalo, dan Kota Manado.

Untuk wilayah Indonesia bagian timur, potensi hujan berpeluang terjadi di Kota Ternate, Kota Ambon, dan Manokwari. Sedangkan cuaca berawan diprakirakan terjadi di Jayapura dengan suhu udara berkisar antara 23 hingga 31 derajat Celsius.(ant/bil/rid)