HUT Pramuka, Wali Kota Surabaya Minta Anggota Amalkan Tri Satya dan Dasa Darma | Info Surabaya


Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Pramuka pada Senin (14/8/2023), Wali Kota Surabaya meminta anggota mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Surabaya meminta seluruh anak-anak Surabaya, terutama yang tergabung dalam gerakan Praja Muda Karana, selalu mengamalkan dan menjiwai Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

“Pramuka itu sangat luar biasa kalau itu diterapkan dalam kehidupan, maka akan muncul anak-anak yang memiliki nilai-nilai kebangsaan yang tinggi. Yang memiliki jiwa untuk gotong-royong, jiwa untuk saling membantu,” ujarnya pada Senin (14/8/2023).

Eri berharap di Hari Pramuka, jiwa semangat Praja Muda Karana bisa tertanam kepada setiap insan yang ada di Kota Surabaya.

“Mulai tingkat SD, SMP, SMA bahkan sampai kakak-kakak pembina, kakak-kakak dewan penasehat semuanya bisa menerapkan nilai-nilai Pramuka secara utuh,” ujar Eri lagi.

Atraksi anggota Pramuka saat HUT Pramuka ke-62 di Balai Kota Surabaya, Senin (14/8/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Sementara Kwarcab Kota Surabaya, lanjut Eri, akan terus menggiatkan kegiatan sebagai upaya meningkatkan jumlah maupun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) anggota dan pelatihnya. Salah satunya dengan kegiatan Persami.

“Kegiatan-kegiatan ini bertujuan membentuk karakter-karakter yang seperti disampaikan Ketua Kwartir Nasional. Jadi di Surabaya sudah berjalan dan saya yakin Surabaya akan terus bergerak untuk menjadi terbaik Pramuka di tingkat Nasional,” tuturnya.

Dalam peringatan Hari Pramuka di Kota Surabaya tadi, diserahkan dua kategori penghargaan kepada sejumlah penerima. Pertama, penghargaan dari Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur berupa Lencana Pancawarsa yang diberikan kepada tiga orang penerima.

Sedangkan penghargaan kedua diberikan oleh Kwarcab Kota Surabaya kepada 154 orang peserta didik. Pemberian tanda penghargaan Pramuka kepada peserta didik tersebut, sebagai tanda telah mencapai kecakapan dan penghargaan tertinggi di tingkat penggalang.

“Jadi ada dua penghargaan dari tingkat provinsi dan tingkat kota. Penghargaan ini sebenarnya sebagai pemberi semangat kepada kita bagaimana semangat – semangat Pramuka itu terus dimunculkan,” terang Eri lagi.

Selain penganugerahan penghargaan, momen peringatan Hari Pramuka di Taman Surya juga disemarakkan dengan atraksi simulasi pertolongan kebakaran yang dibawakan anggota Pramuka Surabaya. Di samping itu, acara juga dimeriahkan dengan penampilan Tari Remo, Tari Jaranan hingga paduan suara yang juga dibawakan oleh para pelajar Surabaya.

Sementara di akhir, acara ditutup dengan pembagian Bendera Merah Putih. Secara simbolis, pembagian bendera dilakukan Wali Kota Eri kepada sejumlah anggota Pramuka dalam rangka mendukung Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih. (lta/saf/ipg)