Kebakaran Kapal di Pelabuhan Tanjung Perak | Info Surabaya


Sebuah kapal di area Dok Perkapalan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dilaporkan pendengar Suara Surabaya mengalami kebakaran pada Rabu (19/4/2023) pagi.

Iptu Guntur Panit Polair Polda Jatim saat dikonfirmasi menyebut, insiden tersebut menimpa kapal KM. Samudra Anugerah yang sedang perbaikan di PT. Dok, sebelah Dermaga Jamrud, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya sekitar pukul 05.00 WIB.

Dalam keterangannya yang disampaikan kepada Suara Surabaya, kebakaran diperkirakan terjadi di kamar mesin saat perbaikan.

Saat ini di lokasi ada delapan unit pemadam kebakaran yang standby dan melakukan pemadaman.

“Masih dilaksanakan upaya pemadaman melalui kapal pemadam yang ada di laut, mengingat posisi ada di area perairan jadi kesulitan dijangkau mobil damkar lewat darat,” jelasnya.

Ia menambahkan, ada tambahan dua kapal pemadam (KT. Jayanegara 303 dan 306) yang membantu melakukan pemadaman melalui perairan.

Kemudian menurut pantauannya, situasi masih aman dan kondusif karena lokasi terpisah dengan pelabuhan penumpang dan tidak mengganggu kegiatan operasional pelabuhan.

Hingga pukul 08.00 WIB, petugas masih berupaya melakukan pemadaman.

Yuniarsono Kepala Kesyahbandaran Tanjung Perak Surabaya saat dikonfirmasi membenarkan ada kapal yang terbakar.

Kapal tersebut sedang diperbaiki sejak dua minggu lalu. Posisi kapal, dikatakan Yuniarsono, berada di galangan khusus untuk perbaikan, sehingga tidak menggangu penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak.

Sementara terkait kronologi dan penyebab kebakaran, pihaknya belum bisa memberikan keterangan karena sedang mengumpulkan keterangan.(dfn/rst)