Kementerian PUPR dan Pemprov DKI Bagi Tugas Siapkan JIS untuk Piala Dunia | Info Surabaya


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berbagi tugas dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai arena utama Piala Dunia U-17. Persiapan termasuk peningkatan akses eksternal stadion.

“Kalau untuk JIS ada beberapa kegiatan yang perlu dilakukan, antara lain untuk rumput yang belum dilakukan modifikasi rumput atau pitch stitching nanti dilakukan modifikasi, kemudian ada beberapa akses eksternal yang menuju stadion yakni akses jalan menuju stadion,” kata Basuki Hadimuljono Menteri PUPR dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Basuki mengatakan ada pembagian tugas untuk perbaikan dan peningkatan JIS. Untuk bagian internal stadion seperti modifikasi dan hal-hal lain di dalamnya dikerjakan Pemprov DKI Jakarta.

“Sedangkan untuk Kementerian PUPR, kami membuat jembatan penyeberangan orang (JPO) dari JIS menuju lapangan parkir di Ancol, Jakarta Utara sepanjang 430 meter dengan lebar lima meter,” katanya.

Kemudian untuk akses eksternal lainnya, nantinya akan ada pembangunan jalan akses menuju JIS.

Basuki juga menyampaikan, kondisi stadion untuk lapangan Piala Dunia U-17 yakni Stadion Jalak Harupat Bandung dan Stadion Manahan Solo dalam kondisi siap untuk digunakan. Sementara Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya juga siap digunakan, hanya tinggal kegiatan pengaspalan untuk lapangan parkirnya.

“Dengan demikian persiapannya sudah mengerucut dan tahu apa saja yang akan kita kerjakan sesuai dengan hasil inspeksi FIFA,” kata Basuki.

Untuk diketahui, FIFA telah menyepakati Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia akan diselenggarakan di empat stadion

Penyelenggaraan turnamen dunia yang berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember itu akan digelar di Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengusulkan tim nasional Indonesia bertanding di Jakarta. Selain itu pembukaan juga diselenggarakan di Jakarta, sedangkan pertandingan semifinal dan final digelar di Solo. (ant/bil/ipg)