Kolaborasi Stem Cell Unair dan Klinik Kecantikan Lahirkan Serum Anti Aging | Info Surabaya


Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, melalui kolaborasi dengan Jakarta Clinic menciptakan dua produk serum istimewa dengan kandungan growth factor untuk anti aging.

Sebagai informasi, stem cell merupakan teknologi baru dalam bidang medis, khususnya dalam bidang regenerative medicine karena kemampuannya melakukan regenerasi sel untuk mengganti sel yang rusak.

Stem cell dapat berdiferensiasi menjadi sel jantung, syaraf, tulang, kartilago, otot, kulit dan organ yang lainya. Dengan kemampunnya, stem cell juga bisa digunakan untuk terapi beberapa penyakit seperti ostheoarthritis, gagal ginjal, autoimun, hipertensi, diabetes melitus, kanker dan penyakit lainya.

Sementara untuk produk serum yang dimaksud dari pengembangan Stem Cell Unair dan Jakarta Clinic adalah Pruallure dan GF Secret, dua produk yang membantu proses regenerasi kulit menjadi lebih halus, lembut, cerah, hingga mengatasi tanda-tanda penuaan, dan di-launching di Pakuwon Mall, Surabaya, Minggu (16/7/2023).

dr. Purwati Ketua Puslitbang Stem Cell Unair menjelaskan, kedua produk yang diluncurkan sudah melalui serangkaian riset, dengan hasil yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit melalui mekanisme biologi alamiah.

“Dalam pengembangannya, kedua serum ini telah melalui penelitian yang panjang dan komprehensif hingga menghasilkan produk dengan kandungan growth factor yang unggul dan bisa mengatasi berbagai macam permasalahan kulit untuk semua kelompok usia,” ujar dr. Purwati dalam keterangan resminya yang diterima Admin InfoSurabaya.

Sementara Dr. Bagus Satrio Nurwito selaku PIC produk Pruallure dan GF Secret menjelaskan, meski kedua serum memiliki kandungan growth factor yang sama, tapi konsentrasinya berbeda.

Pruallure diperuntukkan bagi kebutuhan kulit di usia 30 tahun ke atas, sedangkan GF Secret untuk kelompok usia lebih muda dan dibagi ke berbagai fokus perawatan seperti untuk mencerahkan, melembapkan, memperbaiki tekstur, dan menjaga elastisitas kulit.

“Kedua jenis serum ini juga memiliki jajaran produk unggulan lainnya, seperti face mist, care gel, dan hair nutrition serum yang berfungsi menutrisi dan merawat kesuburan rambut,” jelasnya.

Dalam melakukan pengembangan dan penelitian atas kedua serum itu, dr. Afriyanti Sandhi salah satu anggota tim dokter Jakarta Clinic menjelaskan dokter-dokter spesialis berpengalaman juga dilibatkan. Selain itu, ditegaskan kalau kedua produk telah tersertifikasi BPOM dan telah berlabel halal.

“Sebagai produk dalam negeri yang juga dikembangkan oleh ilmuwan-ilmuwan tanah air, tentunya keamanan dan kehalalan produk menjadi prioritas utama kami. Karenanya, kami telah melengkapi dengan label halal yang sesuai dengan aturan BPOM dan MUI. Dengan begitu, konsumen bisa dengan aman dan nyaman menggunakan produk kami,” ujar dr. Sandhi. (bil/iss)