Masjid Arif Nurul Huda Surabaya Isi Kegiatan Ramadan dengan Khotmil Quran | Info Surabaya


Masjid Arif Nurul Huda yang berdiri megah di tengah kompleks Mapolda Jawa Timur, Jalan Ahmad Yani, Surabaya mengisi kegiatan Bulan Ramadan tahun ini dengan Khotmil Quran.

Doni Fachrul Rozi selaku salah satu imam di Masjid Arif Nurul Huda mengatakan bahwa Khotmil Quran diadakan pada pagi dan sore hari, setelah Asar. Sehingga tak hanya ketika tadarus saja para jemaah bisa bersama-sama membaca alquran di Masjid, melainkan ketika di pagi, siang, hingga sore hari pun dapat dilaksanakan.

“Setiap hari Senin sampai Jumat, sama sebenarnya kayak tadarus tetapi tahun lalu ini (Khotmil Quran) tidak ada,” kata Doni waktu ditemui Admin InfoSurabaya, Senin (3/4/2023).

Selain itu juga ada tradisi tahunan yang mewajbkan setiap satuan kerja (satker) polisi yang berada di Mapolda Jawa Timur memberikan takjil untuk dibagikan di Masjid Arif Nurul Huda.

“Kalau seperti Covid dulu itu ya masjid yang menyediakan sendiri menggunakan dana hasil infak kan kita juga setiap tarawih ada kaleng keliling,” kata Imam Masjid Arif Nurul Huda itu.

Kegiatan tahunan mengadakan kuliah Zuhur yang biasa diisi oleh penceramah dari berbagai kampus atau instansi lain juga masih diadakan di ramadan tahun ini.

“Habis solat Dzuhur nanti ada ceramah, kalau ceramahnya diisi sama orang luar, contoh kayak dosen-dosen IAIN (UINSA sekarang), profesor-profesor Unair (Universitas Airlangga) juga pernah. Jadi semua yang terkenal dan berkompeten dalam berdakwah itu masuk sini,” jelas Doni.

Berbagai kegiatan untuk menyambut Ramadan di Masjid Arif Nurul Huda diharapkan dapat memfasilitasi ibadah para umat di sepanjang bulan puasa.(abd/iss/ipg)