Obati Kerinduan Tanah Air, Ribuan WNI Ikuti Salat Idulfitri dan Halal Bihalal KBRI Bangkok | Info Surabaya


Lebih dari 1.800-an warga negara Indonesia (WNI) berkumpul di lapangan sepakbola KBRI Bangkok untuk mengikuti sholat Idulfitri 1444 H,  Sabtu (22/4/2023).

Dalam keterangan yang diterima Admin InfoSurabaya, Salat Id tersebut dipimpin Dr. H. Muhammad Hosnan dan Drs. H. Engkos Kosasih sebagai Khatib.

Keduanya memang didatangkan khusus dari Indonesia untuk pembinaan kerohanian kepada WNI di Masjid As-Syafier KBRI Bangkok, selama bulan suci Ramadan.

Melalui tema “Tingkatkan rasa syukur kembali menikmati Hari Kemenangan, Idul Fitri, dalam situasi lebih normal”, Khatib menyampaikan bulan Ramadan sebagai bulan pembinaan umat dalam segala dimensi. Baik itu jasmani, rohani, individual atau sosial untuk menuju pribadi yang bertakwa.

Lebih lanjut, Khatib juga mengimbau agar energi kebaikan di bulan Ramadan tetap dipertahankan untuk memupuk ikatan keislaman, ke-Indonesiaan dan kemanusiaan dengan baik menuju sikap beragama yang ramah dan rahmah.

Sementara Rachmat Budiman Dubes dari KBRI Bangkok mengatakan, pihaknya akan selalu terbuka terhadap kritik dan saran dari masyarakat Indonesia guna meningkatkan mutu pelaksanaan tugas, khususya pelayanan dan perlindungan WNI.

Adapun kegiatan yang ditunggu-tunggu dalam pascapelaksanaan salat Idulfitri, yaitu momen open house untuk bersilaturahmi dan halal bihalal dengan Dubes.

KBRI Bangkok juga menyiapkan beberapa makanan khas Lebaran seperti nasi, lontong, rendang, sayur godok, semur ayam dan tahu, serta telur balado hijau untuk mengobati rasa rindu para WNI kepada Tanah Air.

Tidak ketinggalan, sajian kuliner makanan ringan lainnya seperti sosis solo, lapis Surabaya dan es krim “Nong-Nong” juga dihidangkan untuk masyarakat Indonesia yang hadir.

Momen para jemaah WNI mendengarkan Khutbah setelah Salat Idulfitri 1444 H, di Lapangan KBRI Bangkok, Sabtu (22/4/2023). Foto: KBRI Bangkok

Masyarakat terlihat menikmati hidangan tersebut sambil bercengkrama dan bersenda gurau dengan sesama WNI lainnya.

Bagi sebagian besar mahasiswa Indonesia di Thailand, kegiatan Salat Idulfitri di KBRI Bangkok itu menjadi pelengkap dalam merayakan hari istimewa Lebaran.

Meskipun tidak dapat berkumpul langsung dengan keluarga inti di Indonesia, namun suasana KBRI Bangkok dan kesempatan untuk bersilaturahmi dengan teman dan sesama warga Indonesia menjadi pengganti momentum yang sangat berharga tersebut. (bil/faz)