Pembangunan Istana di IKN Selesai Sebelum HUT RI 2024 – Info Surabaya Info Surabaya

[ad_1]

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) menyampaikan bahwa pembangunan istana presiden dan gedung pemerintahan di Ibukota Nusantara (IKN) selesai sebelum Hari Ulang Tahun Republik Indonesia 2024.

“Saat ini progres pembangunan Istana presiden RI dan gedung-gedung pemerintahan untuk batch satu sudah mencapai 46 persen lebih,” kata Mohammad Zainal Fatah Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (12/9/2023), seperti dilaporkan Antara.

Begitu juga dengan pembangunan gedung-gedung pemerintahan lainnya seperti empat gedung Kementerian Koordinator, yang juga ditargetkan rampung sebelum 17 Agustus 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berdasarkan data dari kementerian PUPR per 17 Agustus 2023, realisasi pembangunan gedung Istana Negara dan lapangan upacara pada Kawasan Istana kepresidenan di Ibu kota Negara mencapai 22,135 persen.

Sedangkan, realisasi pembangunan gedung kantor Presiden sebesar 27, 525 persen, penyiapan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) tahap II mencapai 92,250 persen,

Serta pembangunan gedung dan kawasan kantor kementerian koordinator satu 12,78 persen, kementerian koordinator tiga 10,429 persen dan Kementerian koordinator empat 15,135 persen.

Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa Upacara detik-detik proklamasi HUT RI ke 79 dilakukan di IKN Nusantara Kalimantan Timur.

“Insya Allah. Tahun depan sudah di IKN. Kita lihat nanti,” kata presiden.

Diketahui, Agung Wicaksono Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan bahwa sampai saat ini terdapat 260 perusahaan yang menyampaikan surat minat untuk berinvestasi di IKN.

Dari jumlah tersebut, terdapat tujuh perusahaan yang sampai pada fase kesepakatan komitmen. Contohnya Ciputra (Group), komitmen untuk investasi dan bangun.(Aggregator)



[ad_2]