Penerima Penghargaan Kota Layak Anak Alami Peningkatan di 2023 | Info Surabaya

[ad_1]

Bintang Puspayoga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengatakan jumlah penerima penghargaan Kota Layak Anak 2023 mengalami peningkatan masing-masing kategori.

“Hal tersebut mencerminkan komitmen dan keseriusan para pemimpin daerah dan pemangku kepentingan lain untuk memastikan terwujudnya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di wilayah mereka,” kata Bintang Puspayoga dalam acara “Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023” di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (22/7/2023) malam.

Melansir Antara, Kementerian PPPA di kesempatan itu menganugerahkan Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 kepada 360 kabupaten/kota. Rinciannya terdiri atas 19 Kategori Utama, 76 Kategori Nindya, 130 Kategori Madya, dan 135 Kategori Pratama.

Sementara Penghargaan Provinsi Layak Anak (Provila) diberikan kepada 14 provinsi atas upaya kerasnya menggerakkan kabupaten/kota di wilayahnya dalam mewujudkan kota layak anak.

Kata Bintang, penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 merupakan bentuk apresiasi atas segala komitmen dan para pemimpin daerah mulai tingkat provinsi dan kabupaten/kota menghadirkan keamanan bagi anak di wilayahnya.

Untuk itu, ia berharap Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 dapat menjadi motivasi bagi daerah bekerja lebih keras, dalam melindungi kelompok anak dan memastikan pemenuhan haknya.

Terlebih, lanjutnya, penghargaan terasa istimewa di tengah kuatnya keinginan mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan oleh berbagai pihak.

Tujuannya, mewujudkan cita-cita menuju Kabupaten/Kota Layak Anak dan Indonesia Layak Anak (Idola) 2030 serta Indonesia Emas 2045.

Ada sebanyak 19 kabupaten/kota meraih penghargaan Kategori Utama di mana delapan Kabupaten/Kota di antaranya berhasil mempertahankan predikat dari tahun lalu, yaitu Kota Yogyakarta, Kota Surabaya, Kota Surakarta, Kota Denpasar, Kota Jakarta Timur, Kota Probolinggo, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Siak.

Sementara sebanyak 11 kabupaten/kota berhasil meraih peningkatan dari predikat Kategori Nindya menjadi Kategori Utama, yakni Kabupaten Bantul, Kota Balikpapan, Kota Sawahlunto, Kabupaten Tulungagung, Kota Semarang, Kota Jakarta Utara, Kota Jakarta Selatan, Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Madiun, dan Kabupaten Sragen.

Tahun ini, sebanyak 14 provinsi berhasil meraih Penghargaan Provinsi Layak Anak 2023, yakni Provinsi Bali, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Riau, Sulawesi Utara, dan Sumatera Barat. (ant/bil)



[ad_2]