Percepatan Perizinan dan Pelayanan Publik Jadi Resolusi Pemkot Surabaya di 2024 | Info Surabaya



Pemerintah Kota Surabaya menggelar Refleksi Akhir Tahun 2024 di Lantai 2 Balai Kota Surabaya, Minggu (31/12/2023). Acara yang berlangsung hampir tiga jam itu membahas seluruh evaluasi kinerja pemkot.

Refleksi yang dipimpin oleh Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya itu berlangsung cukup serius, sebab banyak catatan yang disampaikan harus disampaikan kepada sejumlah jajaran pemkot.

“Kita mengumpulkan (jajaran pemkot) refleksi kelemahan kita di tahun 2023. Sehingga 2024 ada beberapa hal yang harus segera kita tindak lanjuti,” kata Eri.

Pada kesempatan itu Eri meminta kepada jajarannya supaya melakukan percepatan perizinan dan pelayanan publik. Menurutnya dua hal tersebut menjadi catatan di pemkot selama 2023.

“Salah satunya percepatan perizinan, pelayanan publik. Dan satu tempat, sekarang kan dinas perizinan cuma satu. Tempatnya di dinas penanaman modal ya. semua perizinan semua ada di sana sehingga mempercepat pergerakan ekonomi kita,” imbuh Eri.

Wali Kota Surabaya itu juga menegaskan supaya Kepala OPD lebih fokus mengevaluasi pelayanan publik pada 2024 nanti agar lebih efisien dan lebih cepat.

“Kedua juga pelayanan publik harus cepat. Sehingga saya minta adalah setiap kepala OPD setiap hari itu apa yang dikerjakan, apa evaluasinya disampaikan di grup kepala OPD di situ ada saya,” imbuhnya.

Selain itu, Eri meminta agar kepala OPD melakukan evaluasi kinerja setiap harinya. Hal itu agar kekurangan instansi bisa segera diperbaiki dalam waktu yang singkat.

“Sehingga masalah-masalah itu bisa dikendalikan. Dan itu harus dilakukan setiap hari oleh kepala OPD harus tahu apa yang dikerjakan. Tidak seperti biasanya. Insyallah 2024 lebih baik dari 2023,” ujar Eri.

Kemudian setelah menggelar refleksi bersama kepala dinas untuk memperbaiki kinerja pada 2024.

Wali Kota Surabaya itu kemudian menuju ke Taman Surya yang ada di depan balai kota untuk menemui masyarakat dan bernyanyi di sana.

Pantauan Admin InfoSurabaya, masyarakat Surabaya sejak pukul 19.00 WIB sudah memadati area Taman Surya bersama keluarga, teman, hingga muda-mudi yang
mengisi akhir tahun.

Sebab khusus malam ini Pemkot Surabaya membuka Taman Surya hingga pukul 00.00 WIB untuk memberikan ruang publik bagi masyarakat yang ingin merayakan akhir tahun. (wld/ham)