PSBB Surabaya di Perpanjang

PSBB Surabaya yg rencananya akan berakhir tanggal 11 Mei 2020 , kini akan di perpanjang hingga 25 Mei 2020 artinya ini di perpanjang hingg lebaran idul fitri 2020.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memastikan PSBB Surabaya Raya tahap II berlaku hingga 25 Mei 2020. Kondisi ini membuat Idul Fitri 1441 Hijriah wajib dirayakan masyarakat Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik dalam nuansa PSBB.

Berdasarkan telaah epidemiologi yang dilakukan oleh Tim Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair, infeksi COVID-19 memiliki masa yang lebih panjang dari masa yang ditentukan di awal. Sebanyak 70 persen orang yang terjangkit virus SARS CoV-2 memiliki masa infeksi di atas 14 hari.

“Bu Wali Kota Surabaya, Bupati Gresik dan plt Bupati Sidoarjo bersama Pangdam V/Brawijaya, Pangkoarmada II dan wakapolda sama-sama menyetujui akan ada perpanjangan PSBB di wilayah Gresik, Surabaya dan Sidoarjo. Perpanjangan ini dimulai dari 12 sampai 25 Mei 2020,” terang Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (9/5/2020), dikutip dari Liputan6.com.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Surabaya Raya yang ditentukan selama 14 hari jelas tidak cukup untuk menjamin berhentinya persebaran COVID-19. Oleh karena itu, PSBB diperpanjang dengan diberlakukannya tahap kedua.

Masa berlakunya PSBB Surabaya Raya tahap kedua berlangsung otomatis. Setelah PSBB pertama berakhir pada 11 Mei 2020, PSBB tahap kedua berlaku mulai 12 Mei 2020 dan akan berakhir pada 25 Mei 2020.

Pemberlakuan itu sebagai tindak lanjut dari rekomendasi yang disampaikan Ketua Tim Advokasi PSBB dan Survilans COVID-19 dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair, Windhu Purnomo. Pihaknya  merekomendasikan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diperpanjang menjadi 28 hari.

So buat kalian siapkan mental ya guys untuk mencegah penularan virus covid-19 ini agar kita semua di berikan kesehatan yang baik sampai masa PSBB berakhir.