Qiyamul Lail 10 Hari Akhir Ramadan, Masjid Al-Akbar Surabaya Siapkan 99 Relawan | Info Surabaya


Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya akan mengadakan Qiyamul Lail 10 Akhir Ramadan mulai Rabu (12/4/2023) dini hari, bertepatan dengan Malam ke-21 Ramadan.

“Tahun ini, inovasi terbaru untuk melayani jemaah, Masjid Al Akbar dibantu 99 relawan GenZi (Generasi Z Islami) yang bertugas menjadi among tamu dan guide,” ujar Helmy M Noor, Humas Masjid Al Akbar, di Surabaya, Senin (10/4/2023).

Dalam keterangan resmi yang diterima Admin InfoSurabaya, para relawan GenZi itu akan dibekali ID Card dan Bimtek agar mereka bisa menjadi among tamu yang baik.

“Yang membanggakan, peminat para GenZi untuk menjadi relawan Qiyamul Lail sangat tinggi. InsyaAllah baru kali di Indonesia ada Relawan GenZi untuk Qiyamul Lail,” ujar Helmy.

Untuk Qiyamul Lail 10 Hari Akhir Ramadan, Helmy menjelaskan ada 2 imam Qiyamul Lail yang bertugas secara bergantian setiap 2 hari sekali, yakni KH Abdul Hamid Abdullah SH dan KH Ahmad Muzakky Alhafidz.

Qiyamul lail akan berlangsung mulai pukul 01.00 – 01.30 WIB dengan agenda Tausiyah, Zikir dan Muhasabah. Pukul 01.30 – 03.00 WIB dilanjut dengan Salat Tahajud 4 rakaat 2 salam, Salat Tasbih 4 rokaat 2 salam, salat hajat 2 rakaat dan diakhiri dengan sujud syukur.

Qiyamul lail selesai pukul 03.00 WIB, lalu jemaah  melaksanakan makan sahur.

“Mengingat ketersedian sahur yang terbatas, kami mengimbau agar jemaah membawa bekal sendiri,” ujar Helmy.

Selain relawan GenZi, Masjid Al Akbar menerbitkan Peta Qiyamul Lail yang berisi klasterisasi jemaah dan akses masuknya, untuk kelancaran dan kenyamanan ibadah Qiyamul Lail.

Untuk jemaah  perempuan berada di zona C, D dan G, sedangkan akses masuknya melalui pintu nomor 2, 5, 19, 21 dan 22.

Untuk jemaah  pria berada di zona A dan B, sedangkan akses masuknya melalui lorong antara pintu 5 dan 6, lorong antara pintu 41 dan 44 serta pintu 23, 25, 41 dan 44.

Untuk jemaah  keluarga (ayah, ibu dan anak), pihaknya menyiapkan di zona E dan F atau kawasan air mancur.

“Kami juga menyiapkan posko kesehatan, paramedis dan ambulans untuk jemaah yang memerlukan. Posko kesehatan berada di area air mancur, ada dokter dan para medis serta ambulans,” katanya.(abd/ipg)