Ribuan Umat Ngabuburit dan Berbuka Puasa Bersama di Masjid Al-Akbar Surabaya Info Surabaya


Ratusan warga hadir di Masjid Al-Akbar, Jambangan, Surabaya untuk ngabuburit juga berbuka puasa bersama pada Minggu (26/3/2023).

Helmy M. Noor Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya mengatakan, sudah tersedia 2.500 makanan hasil masakan para relawan di dapur umum Masjid Al-Akbar yang siap dihidangkan untuk umat berbuka puasa bersama.

“Kita punya dapur umum di sisi utara, yang bahan-bahannya juga dari kita,” ujar Helmy M. Noor.

Menurut Hasil pantauan Admin InfoSurabaya, para warga yang sedang menunggu waktu berbuka mengisi waktu dengan berbagai aktivitas. Mulai dari berkunjung ke Bazar Ramadan yang dekat dengan masjid, menyaksikan lomba rebana al-banjari, berfoto di sekitar masjid, serta kegiatan religi seperti salat sunah, mengaji  ataupun mendengarkan ceramah di dalam masjid.

Terkait kegiatan ibadah lain selama bulan Ramadan kali ini, terhitung 15.000 jemaah telah menghadiri salat tarawih pada hari pertama puasa, ujar Helmy.

“Karena kita punya ukuran di dalam masjid, ada tiga sektor yaitu utara, tengah, dan selatan. Jadi ada itung-itungannya, 15.000 di dalam masjid kalau diluar ya lebih lah,” jelas Helmy.

Ia mengasumsikan, jika akhir minggu para jemaah bisa mencapai 15.000 lebih. Sedangkan untuk  hari biasa berkisar di sekitar 10.000 jemaah.

“Kita pakai 23 rakaat (salat tarawih), kalau mau 11 rakaat tinggal ngikutin aja, kalau 23 rakaat ya lanjut. Kita memfasilitasi dua pecinta tarawih,” tuturnya.

Sedangkan Risma, warga Sidoarjo yang mengujungi masjid Al-Akbar mengakui bahwa ini adalah pertama kalinya ia menghadiri buka bersama di masjid.

Ia merasakan pengalaman berbuka puasa pertamanya di Masjid Al-Akbar sangat meriah.(abd/iss)