SS Ajak Kolaborasi Ditlantas Polda Jatim untuk Beri Solusi Bagi Pengendara Selama Nataru | Info Surabaya



Suara Surabaya Media kembali mengajak Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim untuk berkolaborasi memberikan solusi bagi pengendara bila mengalami masalah selama di perjalanan. Kali ini dilakukan dalam momen libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru).

Jalanan di Jatim diprediksi akan begitu padat selama momen Nataru nanti. Sebab Kementerian Perhubungan memprediksi, 17 persen dari 107 juta pergerakan masyarakat nasional akan menuju ke tempat-tempat wisata atau mudik ke Jatim.

Kombes Pol Komarudin Dirlantas Polda Jatim menjelaskan, kerjasama dengan Suara Surabaya (SS) ini supaya memudahkan masyarakat untuk menerima informasi kebijakan dari pemerintah pusat, serta rekayasa pengaturan lalu lintas selama Operasi Lilin Semeru 2023.

“Tujuan dari kerja sama ini agar masyarakat bisa lebih tahu kondisi jalanan ke tempat tujuannya,” kata Komarudin saat dihubungi Admin InfoSurabaya, Kamis (21/12/2023).

Akan ada berbagai produk dari hasil kerja sama ini, salah satunya bentuk reportase real time dari petugas kepolisian, misalnya di wilayah yang mengalami kepadatan selama berjam-jam.

Tujuannya, agar pendengar setia SS mengetahui situasinya secara langsung. Serta mengabarkan bahwa petugas kepolisian telah melakukan upaya untuk mengurai kepadatan.

Live report dilakukan di berbagai titik yang menjadi konsentrasi para petugas. Di antaranya seperti daerah wisata, titik yang rawan terjadi bencana, kemudian tempat keramaian lainnya, termasuk akses jalur masuk ke penyebrangan Ketapang,” ujar Komarudin.

Mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat itu berharap kolaborasi bersama Suara Surabaya Media di momen Nataru ini bisa membantu dan memudahkan masyarakat dalam mengambil keputusan selama di perjalanan agar terhindar dari rasa tidak nyaman dan tetap mengutamakan keselamatan.

“Contoh masyarakat yang dalam perjalanan begitu mendapat informasi bisa mempertimbangkan atau menggunakan alternatif yang kami tawarkan. Atau setidaknya mengetahui bahwa di tempat tujuan sedang terjadi apakah itu kemacetan, pengalihan arus lalu lintas. Sehingga masyarakat tidak terjebak dalam situasi yang tidak nyaman,” tandas Komarudin.

Sementara itu, Eddy Prastyo Editor in Chief Suara Surabaya Media mengutarakan, kerja sama ini merupakan keinginan Kombes Komarudin untuk menurunkan angka kecelakaan dan memberi dampak secara langsung kepada masyarakat Jatim selama momen Nataru.

“Pada kerja sama Operasi Ketupat Semeru sebelumnya, terbukti bahwa hasil kerja sama ini bisa menurunkan angka fatality rate dari kasus kecelakaan waktu arus mudik lebaran kemarin,” ujarnya.

Eddy menyebut, Suara Surabaya Media selama ini telah dilibatkan oleh Ditlantas Polda Jatim untuk memberikan pelatihan media kepada jajaran anggota. Sehingga, ia berharap kerja sama ini bisa semakin memberi dampak signifikan kepada masyarakat karena konten yang dihasilkan lebih berkualitas.

Eddy menyebut ada tiga aspek yang diutamakan dalam kerja sama ini. Yaitu penanganan kecelakaan, kelancaran lalu lintas, dan pola-pola pengaturan lalu lintas.

“Bagi SS, ini adalah bentuk dari peran SS agar situasi besok saat Nataru bisa dinikmati keluarga dengan nyaman,” ungkapnya. (wld/bil/ham)