Surabaya dan Sebagian Wilayah Indonesia Berpotensi Berawan hingga Hujan Ringan – Info Surabaya Info Surabaya


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan mayoritas kondisi cuaca di kota-kota besar Indonesia akan berawan hingga hujan ringan, karena adanya pertemuan angin atau konfluensi dari berbagai arah.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” ucap Yuni Maharani Prakirawan BMKG, di Jakarta, Senin (7/8/2023).

Melansir Antara, BMKG melaporkan bahwa suhu rata-rata hari ini berada dalam rentang 18 hingga 34 derajat Celcius, sementara kelembaban udara berada antara 50 hingga 100 persen.

Di Pulau Jawa, BMKG memprakirakan cuaca umumnya cerah hingga berawan. Kondisi berawan berpotensi terjadi di Bandung, Semarang, serta cerah berawan di Yogyakarta. Kemudian, hujan ringan diperkirakan terjadi di Jakarta dan Serang.

Surabaya dan sebagian wilayah Jawa Timur sendiri berpotensi cerah berawan pada pagi hari. Memasuki siang hingga malam hari diperkirakan akan  berkabut, hingga ada potensi hujan dengan intensitas ringan-sedang.

Beranjak ke Pulau Sumatra, cuaca berawan berpotensi terjadi di Pekanbaru, Tanjung Pinang, dan Bandar Lampung. Lalu, ada kabut di Jambi dan Palembang.

Sedangkan, hujan ringan diperkirakan terjadi di Banda Aceh, Padang, Bengkulu, dan Pangkal Pinang, serta hujan lebat hanya di Medan.

Selanjutnya, Pulau Bali dan Nusa Tenggara juga umumnya berawan. Prakiraan cuaca berawan ada di Mataram, lalu cerah berawan berpotensi terjadi di Denpasar dan Kupang.

Sementara itu, seluruh Pulau Kalimantan mayoritas berpotensi hujan ringan kecuali Banjarmasin yang diperkirakan hanya berawan.

Di Pulau Sulawesi, BMKG meramalkan cuaca umumnya akan berawan hingga cerah berawan di kota-kota seperti Manado, Gorontalo, Kendari, Makassar, dan Mamuju. Selain itu, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan yang hanya berpotensi terjadi di Palu.

Adapun wilayah bagian timur Indonesia umumnya berawan ada di Ternate dan Manokwari. Potensi hujan dengan intensitas ringan terdapat di Ambon dan Jayapura. (ant/dvn/bil/ham)