Tim Robotika ITS Panen Penghargaan di FIRA RoboWorld Cup 2023 | Info Surabaya

[ad_1]

Tim robotika dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, ICHIRO dan IRIS mendapatkan total 24 penghargaan di ajang internasional FIRA RoboWorld Cup 2023 yang diselenggarakan di Wolfenbuettel, Jerman.

Atha Andara Utomo Team Leader ICHIRO ITS menjelaskan, mereka kembali berpartisipasi dalam sub-lomba Humanoid Robot Cup (Hurocup).

“Sub-lomba ini berfokus pada pengembangan bidang robotika humanoid yang melibatkan robot untuk berjalan, mengatur keseimbangan, dan melakukan gerakan yang kompleks,” paparnya dilansir Antara pada Senin (24/7/2023).

Atha menambahkan, Hurocup terbagi lagi dalam dalam dua kelas lomba yang didasarkan pada ukuran dan bobot robot. Kedua kelas tersebut adalah Hurocup Pro Adult size dengan maksimum tinggi 180 sentimeter dan berat 50 kilogram, serta Hurocup Pro Kid size dengan maksimum tinggi 60 sentimeter dan berat 20 kilogram.

“Untuk kedua kelas tersebut, ICHIRO ITS turun dengan tiga robot unggulannya, yaitu ICHIRO Adult Size, ICHIRO Kid 1, dan ICHIRO Kid 2,” jelasnya.

Pada masing-masing kelas tersebut, ada beberapa kategori perlombaan, yakni panahan, basket, sprint, mini DRC, lari rintangan, maraton, all-round, sepak bola dan angkat beban.

Dari beberapa kategori tersebut, ICHIRO Adult Size berhasil menduduki peringkat pertama kategori mini DRC, sprint, lari rintangan, panahan, angkat beban, maraton. Lalu ranking dua di kategori all-round, dan peringkat tiga kategori basket.

Kemudian, robot kedua dengan besutan nama ICHIRO Kid Size 1 berhasil menyabet juara kategori sepak bola, posisi dua kategori all-round, mini DRC, dan lari rintangan. Serta peringkat ketiga untuk kategori sprint, angkat beban, basket, dan maraton.

Robot terakhir, yakni ICHIRO Kid Size 2 dengan raihan runner-up untuk kategori maraton, angkat beban, sepak bola. Serta mendapat ranking tiga di all-round, lari rintangan, dan mini DRC.

Keberhasilan tersebut tak lepas dari inovasi Tim ICHIRO ITS dengan melakukan beberapa peningkatan dari robot sebelumnya. Untuk material robot adult size, ICHIRO ITS mengandalkan material aluminium di beberapa bagian agar robot bisa lebih ringan dan mudah bergerak.

Selain itu, desain capit juga disesuaikan untuk memungkinkan robot Tim ICHIRO ITS mengikuti semua kategori lomba tanpa harus memodifikasinya terlebih dahulu dan membantunya meraih juara all-round.

Tim lain yang ikut berprestasi merupakan Tim IRIS ITS yang juga turut berkompetisi di FIRA RoboWorld Cup 2023 sub-lomba Simulation Autonomous Car. Pada sub-lomba ini, para peserta ditantang untuk membuat bahasa pemrograman mobil tanpa awak untuk dapat melewati rintangan dan bergerak secepat mungkin.

Bahasa pemrograman tersebut kemudian disimulasikan sehingga peforma mobil tanpa awak itu bisa dinilai. Bahasa pemrograman yang dirancangnya tersebut mampu membawa Tim IRIS ITS berhasil menduduki posisi pertama.

“Persiapan yang matang serta kerja keras dari Tim Robotika ITS akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan,” sebutbya.

Sementara itu, Muhtadin Koordinator Pembimbing Tim Robotika ITS mengatakan, kompetisi ini berfokus pada pengembangan robot-robot yang dapat bergerak secara mandiri dan menyelesaikan berbagai tugas tertentu di area terbatas.

Ajang ini diikuti sejumlah dari berbagai negara, seperti Brasil, Meksiko, Malaysia, Korea, Taiwan, Jerman, dan Rusia. Tim ICHIRO ITS sendiri sudah berkecimpung dalam ajang bergengsi dunia ini sejak 2016.

“Sejak itu pun, Tim ICHIRO ITS tak pernah absen untuk mempertahankan raihan gelar juara dan penghargaan dari berbagai kategori yang diadakan,” tuturnya. (ant/bnt/saf/iss)



[ad_2]