TNI AL Jaring Bibit Unggul Prajurit di Bidang Olahraga Lewat Porwiltim | Info Surabaya


Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menggelar Pekan Olahraga TNI Angkatan Laut Wilayah Timur (Porwiltim TNI AL) pada 10-14 Juli 2023, untuk menjaring bibit unggul di bidang olahraga.

Letjen TNI Marinir Suhartono Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) mengatakan, gelaran olahraga itu, mempertandingkan tiga cabang olahraga yakni sepak bola, bola voli dan tenis lapangan.

“Porwiltim TNI AL bertujuan tidak hanya untuk memacu semangat prestasi dan soliditas antar prajurit, tetapi juga sebagai sarana menjaring bibit-bibit unggul dari cabang olahraga di lingkungan prajurit,” ucapnya kepada Admin InfoSurabaya di lapangan Jala Krida Mandala AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin (10/07/2023).

Ia mengatakan bahwa pembinaan melalui olahraga merupakan hal yang penting untuk mengukur jasmani prajurit di seluruh kotama yang ada di jajaran TNI AL.

“Karena kesamaptaan jasmani menjadi salah satu tujuan dari pembinaan TNI AL, dimana seorang Prajurit diharapkan punya kesamaptaan yang tinggi untuk mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari,” ucapnya.

Terkait pelibatan atlet, lanjut dia, selain anggota dan siswa, Jalasenastri juga turut bergabung dalam ajang tersebut.

“Mereka kita libatkan karena memang memilki prestasi dan kemampuan. Ada atlet -atlet nasional juga yang ikut berlaga di Porwiltim di cabang olahraga Tenis Lapangan dan Bola Voli,” ungkapnya.

Secara keseluruhan, dalan olahraga tersebut melibatkan 449 atlet dari enam kontingen, yakni Kodiklatal, Koarmada II, Koarmada III, Akademi Angkatan Laut (AAL), Marinir Wilayah Timur (Marwiltim), dan Kontingen Gabungan Unit Pelaksana Teknis Markas Besar TNI AL Wilayah Timur (UPT Mabesal Wiltim).

Dalam kesempatan itu, ia juga menegaskan kepada seluruh ketua kontingen, official dan atlet agar selalu berpegang teguh pada sportivitas, mematuhi semua tata tertib pertandingan.

“Untuk kemudian diharapkan dapat berprestasi di kancah yang lebih prestisius lagi, baik dalam event olahraga antar matra, di tingkat nasional maupun internasional,” pungkasnya. (ris/iss)