UINSA Jaga Kawasan Pesisir untuk Dukung Lingkungan Berkelanjutan | Info Surabaya


Dalam rangka mendukung lingkungan berkelanjutan, Program Studi Biologi UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) bersama Trash Control Community (TCC) menekankan pentingnya menjaga kawasan pesisir.

Esti Tyastirin Kepala Prodi (Kaprodi) Biologi UINSA menyatakan, upaya ini dilakukan dengan penanaman 3500 bibit mangrove di area Wonorejo Surabaya.

“Upaya ini juga bertujuan menyadarkan generasi muda akan pentingnya peka terhadap alam dan lingkungan sekitar,” ucapnya pada Sabtu (24/6/2023).

Ziadatur Rizqiyah Founder TCC menyebut, kegiatan bertajuk Youth Movement for Sustainable Coast (YMSC) 2023 itu, memberikan pemahaman mengenai lingkungan hidup kepada mahasiswa dan masyarakat sekitar.

“Mereka juga diberikan informasi mengenai perawatan yang perlu dilakukan setelah penanaman, termasuk pentingnya pemeliharaan, dan pengendalian hama yang mungkin muncul,” ucapnya.

Selain memberi dampak baik pada lingkungan, upaya ini juga juga turut menyadarkan mahasiswa dan masyarakat terkait dengan pentingnya melestarikan alam.

Jika tidak ada kepedulian untuk menjaga alam, mulai dari abrasi akibat adanya gelombang laut, hingga ekosistem pesisir dapat rusak.

Oleh karena itu, ia mengajak mahasiswa dan masyarakat untuk merawat kelestarian alam, menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan juga menjaga keseimbangan ekosistem.

“Semoga kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa depan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menginspirasi lebih banyak orang untuk bergabung dalam upaya pelestarian bumi kita yang tercinta,” pungkasnya. (ris/saf/iss)