Wisata Perahu Kalimas Surabaya Tak Setiap Hari Beroperasi karena Debit Air Berkurang | Info Surabaya



Terkendala debit air sungai yang berkurang, Wisata Perahu Kalimas Surabaya hampir tak beroperasi selama libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Rusdi Ismet Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Objek Wisata Perahu Kalimas menyebut, kendala itu terjadi sudah beberapa hari.

“Kami selaku pengelola memohon maaf kendala elevasi debit air jadi salah satu kenapa beberapa hari tidak operasional. Tapi, prinsipnya ketika normal, setiap hari kami jam operasional mulai pukul 15.00-21.00 WIB,” kata Ismet dihubungi Admin InfoSurabaya, Sabtu (30/12/2023).

Sepanjang Nataru, baru dua kali operasi saat Natal 25 Desember dan setelahnya 26 Desember.

“Tapi pas menjelang tutup surut lagi. Tanggal 23, 24, gak operasional,” imbuhnya.

Saat beroperasi, antusiasme pengunjung mencapai 1.400 orang dalam dua hari. Jumlah itu hampir sama dengan capaian hari biasa.

“Tanggal 25, 600-an orang, tanggal 26 800-an di dua rute yaitu dari Taman Prestasi dan Monumen Kapal Selam. Harian biasanya weekend Sabtu-Minggu 1.100-1.300 dan weekday 400-600,” katanya.

Sementara pantauan Admin InfoSurabaya di laman resmi Surabaya.go.id”>tiketwisata.Surabaya.go.id, destinasi Wisata Perahu Kalimas tidak tersedia hari ini.

“Kami selalu update di laman tiket wisata mengecek rute wisata yang Tapres khususnya, Monkasel juga dibuka tapi offline bisa langsung datang,” tandasnya.

Terpisah, Feri Murgianto Koordinator Wisata Perahu Kalimas menyebut kondisi debit air rendah itu sudah terjadi sejak dua minggu terakhir.

“Sudah dua minggu. Soalnya kadang naik pas mau operasional surut lagi. Selama dua minggu operasional cuma 3 kali dan itu pun gak maksimal,” ucapnya dikonfirmasi terpisah. (lta/iss)