Wisudawan Poltekbang Surabaya Diharapkan Jadi Insan Transportasi Berintegritas | Info Surabaya


Djoko Sasono Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan dalam momen wisuda Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya ke XX berpesan untuk para wisudawan supaya menjadi insan transportasi yang berintegritas.

Kegiatan Upacara Wisuda Taruna/i Tahun 2023 di Lapangan Dirgantara Kampus Poltekbang Surabaya, Jumat (25/08/2023).

“Hidup adalah untuk mencari kemenangan, kemenangan yang dimaksud di dalam hidup ini adalah apabila kita tidak pernah mengkhianati hati nurani sendiri, tidak pernah memperjualbelikan harga diri dan integritas, dan bangga mengatakan bahwa saya selalu dalam posisi memberi dan berbakti. Bukan menerima dan meminta,” ujar Djoko kepada wisudawan.

Wisuda Angkatan XX ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Direktur Poltekbang Surabaya Nomor : KP-Poltekbang.SBY 1261 Tahun 2023 Tanggal 24 Agustus 2023 tentang Penetapan Kelulusan Akhir Pendidikan dan Pelatihan Program Studi Diploma 3 (D3) di Poltekbang Surabaya.

Mereka berasal dari Prodi Teknik Listrik Bandara (TLB) Angkatan 15, Teknik Navigasi Udara (TNU) Angkatan 13 A dan 13 B, Komunikasi Penerbangan (KP) Angkatan 6, Teknik Pesawat Udara (TPU) Angkatan 6 A dan 6 B, Manajemen Transportasi Udara (MTU) Angakatan 6 A dan 6 B, juga Teknik Bangunan dan Landasan (TBL) Angkatan 5.

Djoko menyebut para wisudawan Poltekbang Surabaya merupakan putra/putri terbaik bangsa Indonesia. Ia berpesan untuk selalu menanamkan kebanggaan dalam hati dan melakukan hal yang terbaik.

Dia memotivasi para wisudawan untuk berlomba-lomba menjadi insan transportasi yang menjunjung tinggi nama bangsa, serta terus menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk meningkatkan daya saing SDM Indonesia dengan negara lain.

“Pada tahun 2045 ekonomi Indonesia akan tumbuh menjadi ekonomi terbesar keempat di dunia. Indonesia akan memiliki banyak potensi, jadi pasar terbesar di dunia, kualitas SDM yang menguasai teknologi, inovatif, produktif, juga mampu mentransformasikan ekonominya,” imbuhnya.

Djoko menegaskan para wisudawan ini harus menjadi perwira transportasi yang cerdas dan cekatan, sehingga mampu berpikir kritis untuk memberikan solusi.

Sementara itu Agus Pramuka Direktur Poltekbang Surabaya upacara kelulusan ini diikuti oleh 208 wisudawan yang berasal dari 96 orang Program Reguler Pola Pembibitan (Polbit).

“Kegiatan wisuda diikuti sebanyak 208 wisudawan yang berasal dari 96 orang Program Reguler Polbit, 68 orang Program Reguler Non Polbit, 44 orang Program Non Reguler. Mereka semua ini telah menyelesaikan masa pendidikan dan pelatihan di Politeknik Penerbangan Surabaya dengan baik,” kata Agus Pramuka.(wld)