Prodi S1 Akuntansi Ubaya Raih Akreditasi Internasional ACCA | Info Surabaya


Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (FBE Ubaya) mendapat akreditasi internasional melalui sertifikasi Association of Chartered Certified Accountants (ACCA).

Dedhy Sulistiawan Ketua Program Studi Akuntansi Ubaya menyatakan, perolehan akreditasi tersebut menunjukkan kurikulum dan materi pembelajaran akuntansi di Ubaya selaras dengan kebutuhan pasar global.

“Prestasi itu menambah capaian FBE Ubaya pada skala internasional. Selain itu juga menjadi bukti pembelajaran di FBE Ubaya sudah setara dengan kampus kelas dunia,” ucapnya dalam keterangan yang diterima, Selasa (25/4/2023).

Dia melanjutkan, perolehan itu memberikan banyak peluang khususnya bagi mahasiswa, yang dapat mengambil sertifikasi ACCA hanya dengan menempuh satu ujian dari beberapa ujian yang ada.

“Mahasiswa juga berkesempatan mengambil double degree dengan kampus afiliasi ACCA di luar negeri, misalnya Oxford Brookes University di Inggris dan kampus lainnya,” jelasnya.

Kualifikasi ACCA, kata dia, merupakan kualifikasi akuntansi terkemuka dunia untuk calon profesional keuangan.

Lebih lanjut, Dedhy menyatakan ACCA juga merupakan wadah global bagi akuntan profesional yang memiliki jaringan dengan lebih dari 7.300 Perusahaan yang Diakui (Approved Employers) dan lebih dari 80 mitra akuntan di seluruh dunia.

Prestasi lainnya juga diraih Program Studi Magister Akuntansi Ubaya yang mendapat akreditasi Unggul dari Lamemba (Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) per tanggal 17 April 2023.

Putu Anom Mahadwartha Dekan FBE Ubaya menjelaskan, Lamemba memiliki tugas melakukan proses akreditasi program studi di Bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, yang diprakasai Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan Asosiasi Fakultas Ekonomi, dan Bisnis Indonesia (AFEBI).

“Pencapaian itu akan ditingkatkan dengan menambah jumlah mahasiswa yang bersertifikasi,” ucapnya.

Pihaknya menyebut, upaya itu juga dilakukan agar daya saing mahasiswa FBE Ubaya di dunia kerja dapat meningkat.

“Selain itu, prodi lainnya akan mengikuti sertifikasi yang mendukung berdirinya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di Ubaya,” pungkasnya.(ris/dfn/rid)